Shout Box

Related Post





Hujan di Musim Kemarau


Musim kemarau biasanya kering dan berdebu. Namun saat ini hujan justru sering turun di musim kemarau. Mengapa ya?

Hujan Dibulan Agustus

Ada yang aneh dengan musim kemarau di Indonesia saat ini. Biasanya, kita mengalami musim kemarau sejak bulan April sampai Oktober. Tanda-tanda musim kemarau adalah udara panas, langit biru cerah, tanpa hujan, tanah kering, dan berdebu. Namun anehnya hujan malah turun deras dibulan Agustus. Tanah jadi basah dan becek. Bahkan petir juga sambar-menyambar. Mengapa musim kemarau berubah jadi musim hujan? Apakah musin di Indonesia sudah berubah dan kita dalam bahaya? Ilmuan cuaca tidak asing dengan peristiwa hujan dimusim kemarau. Hujan dimusim kemarau sudah pernah terjadi dizaman dulu. Hujan dimusim kemarau terjadi berulang setiap 10 tahun sekali. Hujan dimusim kemarau terjadi karena ada peristiwa La Nina.

La Nina yang Dingin

Peristiwa La Nina berawal di lautan Pasifik. Lautan Pasifik terletak di sebelah timur kepulauan Indonesia, dekat kepulauan Hawaii. La Nina terjadi jika suhu permukaan lautan Pasifik turun 0.5 derajat. Artinya, suhu permukaan lautan Pasifik menjadi lebih tinggi dari pada tekanan udara di Indonesia. Jadinya udara dari lautan Pasifik bergerak menuju Indonesia. Wilayah Indonesia penuh hembusan angin dari Pasifik. Angin itu juga membawa uap air dari lautan Pasifik. Udara di musim kemarau yang biasanya panas jadi sejuk dan dingin, bahkan uap air dari lautan Pasifik juga jadi awan tebal. Awan tebal pun berubah jadi hujan deras. 

Tiga wilayah Musim

Indonesia atau bagi negara tropis lainnya, memiliki dua musim sepanjang tahun. Yaitu musim hujan dan musim kemarau. Namun musim hujan dan musim kemarau tidak terjadi bersamaan di kepulauan Indonesia. 

Selama ini, kita berpikir musim kemarau terjadi pada bulan April-Oktober dan musim hujan terjadi pada bulan November-Maret. Ternyata Indonesia terbagi menjadi tiga wilayah musim. Pulau Jawa dan Nusa Tenggara mengalami musim kemarau pada bulan April-Oktober. Sebaliknya sebagian Pulau Maluku, Sulawesi, dan Papua justru mendapat musim hujan dibulan April-Oktober. Pulau Sumatra dan Kalimantan mengalami musim hujan dibulan Maret dan Oktober. Jadi, kepulauan Indonesia mengalami musim yang berbeda pada bulan yang sama. Misalnya dibulan Mei, anak Sumatra mengalami hujan rintik-rintik, anak Jawa mengalami musim kemarau, dan anak Maluku mengalami musim hujan badai.

Fakta Iklim Indonesia
  • Ilmuan cuaca menyebut Indonesia sebagai benua maritim. Karena Indonesia memiliki lebih banyak lautan daripada daratan.
  • Lautan Indonesia adalah mesin uap Planet Bumi. Soalnya lautan Indonesia menghasilkan banyak uap air. Uap air itu mempengaruhi iklim Planet Bumi.
  • Planet Bumi berputar miring 23 setengah derajat. Akibatnya posisi matahari tidak selalu sama sepanjang tahun. Pada bulan Juni matahari berada di utara Planet Bumi. Matahari berada di selatan Planet Bumi saat bulan Desember. Matahari berada tepat di khatulistiwa pada bulan Maret dan Oktober.


Related Posts



1 comments:

RSI SAKINAH MOJOKERTO said... Reply

Rumah Sakit Islam Sakinah Mojokerto,telp :(0321)321922,326991,329669.sms:085648280307

Post a Comment

 

Admin

My Photo
Siswi kelahiran Indonesia. Sebagai pendatang baru di situs ini dan masih dalam tahap belajar. Terimakasih atas kunjungannya. Semoga menjadi artikel yang bermanfaat. :D

Information

free counters
Copyright © sarwendahs.blogspot.com | Pengetahuan Alam dan Informasi Lainnya | Powered by Blogger | Template by Blog Go Blog